Mau Liburan? Ini Dia 5 Tips Packing Koper Tanpa Ribet!

Mengetahui cara packing koper dengan rapi adalah salah satu hal yang perlu kamu perhatikan saat ingin bepergian jauh, misalnya liburan ke luar negeri atau pulang kampung. Pasalnya, mem-packing koper dengan rapi dan teratur akan memudahkan kamu mengelola dan mengelompokkan barang-barang yang ingin dibawa. 

 

 

 

Tak hanya itu, packing koper dengan benar juga dapat pinjam ruang di dalam koper, sehingga kamu dapat membawa lebih banyak barang atau justru cukup membawa koper yang berukuran kecil saja. 

 

Nah, agar liburanmu lebih nyaman dan aman, kamu bisa membaca tips packing koper anti ribet di bawah ini, ya ! 

 

Tips Packing Koper dengan Tepat

Berikut ini adalah beberapa tips yang bisa kamu lakukan untuk mem-packing baju dan barang-barang bawaan dalam koper dengan rapi dan teratur sebelum pergi berlibur:

 

1. Buat daftar barang yang akan dibawa

Buatlah list barang yang kamu butuhkan saat liburan agar kamu tidak lupa untuk membawanya. Daftar tersebut pun harus mencakup semua kebutuhan yang diperlukan selama liburan, seperti pakaian, perlengkapan mandi, obat-obatan, dan peralatan elektronik, misalnya ponsel dan laptop. 

 

Jika bepergian bersama keluarga, pastikan juga untuk mencantumkan barang-barang yang dibutuhkan anggota keluarga lainnya. Dengan membuat daftar barang yang akan dibawa, kamu dapat memastikan semua kebutuhan sudah terpenuhi sebelum berangkat.

 

Dengan demikian, liburanmu pun akan berjalan dengan lebih tenang dan nyaman tanpa harus pusing memikirkan dan membeli barang yang tertinggal di rumah.

 

2. Gunakan kantong vakum 

Gunakan kantong vakum untuk menyimpan barang-barang yang akan dibawa. Kantong vakum dapat membantu mengurangi volume barang sehingga lebih mudah dibawa dan menghemat tempat di dalam koper. 

 

Selain itu, kantong vakum juga bisa digunakan untuk menyimpan pakaian yang sudah dikenakan selama perjalanan, sehingga tidak mengotori barang lain di dalam koper.

 

3. Letakkan barang-barang berat di bagian bawah koper

Saat menaruh barang-barang di dalam koper, letakkan barang-barang yang berat di bagian bawah koper. Hal ini akan membantu kamu menjaga keseimbangan koper dan mencegah koper terbalik atau terjatuh saat dibawa. 

 

Sementar itu, barang-barang yang mudah rusak atau pecah sebaiknya diletakkan di bagian atas koper, agar lebih mudah dijangkau dan terlindungi dari tekanan barang lain.

 

Kamu juga bisa memanfaatkan ruang kosong di bagian tengah koper, lho!. Kamu bisa menyimpan barang-barang yang sudah dimasukkan kedalam kantong vakum sebelumnya jika memang memungkinkan.

 

4. Gulung pakaian

Kamu perlu membawa banyak baju atau pakaian? Tak perlu khawatir, kamu bisa mencoba menggulung pakaian guna menghemat tempat di dalam koper. Tak hanya lebih hemat tempat, menggulung pakaian juga dapat membantu menjaga bentuk pakaianmu tetap rapi dan tidak kusut selama perjalanan, lho. 

 

5. Sesuaikan ukuran koper

Gunakanlah koper dengan ukuran yang memang sesuai kebutuhanmu. Saat kamu bepergian menggunakan mobil atau pesawat, ukuran koper yang terlalu besar akan memakan banyak tempat di bagasi. Tak hanya itu, jika koper tak penuh terisi, barang-barang di dalam koper akan jadi terbentur satu sama lain.

 

Sementara itu, koper yang terlalu kecil juga akan membatasi jumlah barang yang bisa kamu bawa. Intinya, koper jangan terlalu penuh hingga sulit ditutup. Namun, jangan pula terlalu longgar sampai barang di dalam koper terbentur satu sama lain.

 

Nah, itulah 5 tips packing koper yang dapat kamu coba. Semoga beberapa tips di atas dapat membantu kamu untuk mempersiapkan liburan kali ini, ya! Jika koper dirumahmu sudah mulai rusak dan tidak layak pakai, koper atau luggage dari Buttonscarves bisa menjadi pilihan utama kamu, lho !

 

Terbuat dari bahan polikarbonat dan zync alloy, luggage koleksi Buttonscarves ringan, namun sangat kuat dan mampu melindungi barang-barang yang kamu bawa saat bepergian dengan aman.